Label


Dimensi Bore Honda K56 57,4 mm. Square Engine dari AHM ?

Dapat bocoran tipis-tipis lagi sob mengenai Honda K56, Motor Bebek Super ( Honda K56F ) dan Motor Ayago ( Honda K56A ). Kali ini bersumber dari tmcblog.

Dari bocoran sebelum-sebelumnya, sudah diindikasikan bahwa ada kemungkinan akan dibedakannya engine Honda K56 ini berbeda dengan Honda K15 ( Honda CB150R ) dan Honda K45 ( Honda CBR150 ) yang memiliki ukuran bore lebih besar daripada stroke alias overbore.
Jadi gini kang , silahkan bayangin Mesin Honda Verza/ New Megapro, namun sudah DOHC dan Liquid Cooled ” Tutur Sumber
Nah lho, dimensi bore x stroke Honda Verza kan 57,3 x 57,8 mm alias hampir Square. Jadi dimensinya berkisar layaknya Honda Verza dong? Hahaha konangan wis.

Dan setelah dihasut sang sumberpun akhirnya membeberkan ukuran bore sebenarnya, 57,4 mm. Sedangkan untuk stroke, sang sumber diam sob. Kapok paling mergo keceplosan.

Kalau dilihat dari kapasitas dapur pacu yang 150 cc bisa diidentifikasi sob, berapa kira-kira ukuran stroke Honda K56. Dengan rumus volume silinder sebagai berikut :
Volume silinder = 0,785 x Bore x Bore x Stroke x n

dimana :  n                       = jumlah silinder = 1
              Volume silinder  = kita ambil kisaran 149,5 cc karena biasanya volume engine 
                                          tidak  genap
              Bore                  = diameter piston = 57,4 mm
Dari hasil perhitungan menggunakan rumus diatas maka didapatkan ukuran stroke 57,8 mm. Kalau kita bandingkan lagi dengan Honda Verza ya beda tipis lah sob, 0,1 mm.

Dengan Engine yang Square ini Honda K56 bisa dikatakan berada di "tengah" sob. Maksudnya di "tengah" itu gimana?

Secara umum, Engine yang memiliki karakter overbore ( short stroke ) menghasilkan RPM yang lebih tinggi dan Power yang tinggi pula. Sedangkan engine overstroke ( long stroke ) menghasilkan Torsi yang lebih tinggi. Power disini akan berpengaruh pada Speed sedangkan Torsi berpengaruh pada Akselerasi.

Spyshot Honda K56A
Honda Sonic 150

Itu yang saya maksud Engine Honda K56 ini berada di "tengah" sob. Dan sepertinya ini merupakan strategi yang dicanangkan AHM untuk melawan kompetitor, baik Suzuki Satri FU 150 maupun Yamaha MX-King 150. Jian jos tenan nak ngene.

0 Response to "Dimensi Bore Honda K56 57,4 mm. Square Engine dari AHM ?"