Label


SPESIFIKASI HONDA VARIO TECNO CBS


SPESIFIKASI HONDA VARIO TECNO CBS
Combi Brake System pada skutik baru Honda Vario CBS Techno pada prinsipnya dibuat untuk memudahkan pengendara melakukan pengereman yang lebih ideal. Ketika tuas rem belakang (tuas kiri) di tekan otomoatis rem depan juga akan ikut membantu melakukan pengereman. Skutik jadi lebih cepat berhenti dan gejala roda mengunci bisa dikurangi.
“Kamu jalan pelan-pelan saja setelah kecepatan 50 km/jam coba rasakan tekan rem belakang CBS nya saja dan untuk yang kedua kalinya tekan rem belakang CBS dan rem depan secara bersamaan,” instruksi Anggono Iriawan, Manager Safety Riding, PT AHM sebelum tester OTOMOTIFNET.COM memacu skutik berpendingin air ini.
Sedang di Vario lama masih agak menjinjit. Ternyata penyebabnya adalah desain jok Vario CBS Techno yang tetap tebal tapi lebih pipih. Begitu juga dengan dek pijakan kaki yang dibuat lebih lega tapi tetap nyaman. Dengan perubahan ini segitiga ergonomi antara posisi tangan, kaki dan tempat duduk jadi lebih sempurna. Penulis/Foto: Popo Dan hasilnya meski tuas rem belakang ditekan keras-keras, roda belakang tidak langsung mengunci. Jeda yang membuat skutik makin melambat terasa lebih kuat sampai akhirnya bunyi “ciiieeeet”, roda belakang mengunci. “Sebisa mungkin roda belakang jangan mengunci karena akan memperpanjang jarak pengereman. Diurut saja remnya,” lanjut Anggono.
Combi Brake System pada skutik baru Honda Vario CBS Techno pada prinsipnya dibuat untuk memudahkan pengendara melakukan pengereman yang lebih ideal. Ketika tuas rem belakang (tuas kiri) di tekan otomoatis rem depan juga akan ikut membantu melakukan pengereman. Skutik jadi lebih cepat berhenti dan gejala roda mengunci bisa dikurangi.
“Kamu jalan pelan-pelan saja setelah kecepatan 50 km/jam coba rasakan tekan rem belakang CBS nya saja dan untuk yang kedua kalinya tekan rem belakang CBS dan rem depan secara bersamaan,” instruksi Anggono Iriawan, Manager Safety Riding, PT AHM sebelum tester OTOMOTIFNET.COM memacu skutik berpendingin air ini.
Dan hasilnya meski tuas rem belakang ditekan keras-keras, roda belakang tidak langsung mengunci. Jeda yang membuat skutik makin melambat terasa lebih kuat sampai akhirnya bunyi “ciiieeeet”, roda belakang mengunci. “Sebisa mungkin roda belakang jangan mengunci karena akan memperpanjang jarak pengereman. Diurut saja remnya,” lanjut Anggono.
Secara spesifikasi rangka Vario CBS Techno tidak jauh berbeda dengan Vario terdahulu. Sumbu roda, tinggi stang dan lain sebagainya sama saja. Tapi saat duduk rasanya lebih nyaman dari Vario generasi sebelumnya. Dengan tinggi badan penulis yang hanya 165cm, duduk di Vario CBS Techno kaki bisa menapak sempurna.

(Sumber: Otomotifnet.com) 

Spesifikasi Honda Vario Techno (CBS, Model Body Baru)
TIPE MESIN
4 langkah, SOHC pendinginan dengan cairan
DIAMETER X LANGKAH
50 x 55 mm
VOLUME LANGKAH
108 cc
PERBANDINGAN KOMPRESI
10,7 : 1
DAYA MAKSIMUM
8,99 PS / 8000 rpm
TORSI MAKSIMUM
0,86 kgf.m / 6500 rpm
KOPLING
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
STARTER
Pedal dan elektrik
BUSI
ND U22FER9, NGK CR7EH-9
KAPASITAS TANGKI
3,6 liter bahan bakar
KAPASITAS MINYAK PELUMAS
0,7 liter pada penggantian periodik
TRANSMISI
Otomatis, V-Matic
KELISTRIKAN
12 V – 3 Ah (tipe MF)
SISTEM PENGAPIAN
DC – CDI, Baterai
PANJANG X LEBAR X TINGGI
1,904 x 680 x 1,090 mm
JARAK SUMBU RODA
1,273 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH
133 mm
BERAT KOSONG
101 kg
TIPE RANGKA
Tulang Punggung
TIPE SUSPENSI DEPAN
Teleskopik
TIPE SUSPENSI BELAKANG
Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
UKURAN BAN DEPAN
80/90 – 14 M/C 40P
UKURAN BAN BELAKANG
90/90 – 14 M/C 46P
REM DEPAN
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
REM BELAKANG
Tromol
Spesifikasi Honda Vario MMC (Vario Model Body Lama dengan Stripping & Warna Baru)
Spesifikasi sama dengan Honda Vario Techno, kecuali
PANJANG X LEBAR X TINGGI
1,897 x 680 x 1,083 mm
JARAK SUMBU RODA
1,273 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH
132,5 mm
BERAT KOSONG
99,3 kg
Spesifikasi Honda Beat
TIPE MESIN
4 langkah, OHC
SISTEM PENDINGINAN
Pendinginan udara dengan kipas
DIAMETER X LANGKAH
50 x 55 mm
VOLUME LANGKAH
108 cc
PERBANDINGAN KOMPRESI
9,2 : 1
DAYA MAKSIMUM
8.22 PS / 8,000rpm
TORSI MAKSIMUM
0.85 kgf.m / 5,500 rpm
KOPLING
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
STARTER
Pedal dan elektrik
BUSI
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
KAPASITAS TANGKI
3,5 liter bahan bakar
KAPASITAS MINYAK PELUMAS
0,7 liter pada penggantian periodik
TRANSMISI
Otomatis, V-Matic
AKI/BATERAI
12V – 3 Ah (tipe MF)
SISTEM PENGAPIAN
DC – CDI, Baterai
KARBURATOR
VK22 x 1
LAMPU DEPAN
12V 32W x 1
PANJANG X LEBAR X TINGGI
1,859 x 676 x 1,053 mm
JARAK SUMBU RODA
1,240 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH
156 mm
BERAT KOSONG
89,3 kg
TIPE RANGKA
Tulang Punggung
TIPE SUSPENSI DEPAN
Teleskopik
TIPE SUSPENSI BELAKANG
Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
UKURAN BAN DEPAN
80/90 – 14 M/C 40P
UKURAN BAN BELAKANG
90/90 – 14 M/C 46P
REM DEPAN
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
REM BELAKANG
Tromol

0 Response to "SPESIFIKASI HONDA VARIO TECNO CBS"