SPESIFIKASI HONDA VARIO TECNO CBS
By
ARAHMU
—
Monday, April 18, 2011
—
Add Comment
SPESIFIKASI HONDA VARIO TECNO CBS
Combi Brake System pada skutik baru Honda Vario CBS Techno pada prinsipnya dibuat untuk memudahkan pengendara melakukan pengereman yang lebih ideal. Ketika tuas rem belakang (tuas kiri) di tekan otomoatis rem depan juga akan ikut membantu melakukan pengereman. Skutik jadi lebih cepat berhenti dan gejala roda mengunci bisa dikurangi.
“Kamu jalan pelan-pelan saja setelah kecepatan 50 km/jam coba rasakan tekan rem belakang CBS nya saja dan untuk yang kedua kalinya tekan rem belakang CBS dan rem depan secara bersamaan,” instruksi Anggono Iriawan, Manager Safety Riding, PT AHM sebelum tester OTOMOTIFNET.COM memacu skutik berpendingin air ini.
Sedang di Vario lama masih agak menjinjit. Ternyata penyebabnya adalah desain jok Vario CBS Techno yang tetap tebal tapi lebih pipih. Begitu juga dengan dek pijakan kaki yang dibuat lebih lega tapi tetap nyaman. Dengan perubahan ini segitiga ergonomi antara posisi tangan, kaki dan tempat duduk jadi lebih sempurna. Penulis/Foto: Popo Dan hasilnya meski tuas rem belakang ditekan keras-keras, roda belakang tidak langsung mengunci. Jeda yang membuat skutik makin melambat terasa lebih kuat sampai akhirnya bunyi “ciiieeeet”, roda belakang mengunci. “Sebisa mungkin roda belakang jangan mengunci karena akan memperpanjang jarak pengereman. Diurut saja remnya,” lanjut Anggono.
Combi Brake System pada skutik baru Honda Vario CBS Techno pada prinsipnya dibuat untuk memudahkan pengendara melakukan pengereman yang lebih ideal. Ketika tuas rem belakang (tuas kiri) di tekan otomoatis rem depan juga akan ikut membantu melakukan pengereman. Skutik jadi lebih cepat berhenti dan gejala roda mengunci bisa dikurangi.
“Kamu jalan pelan-pelan saja setelah kecepatan 50 km/jam coba rasakan tekan rem belakang CBS nya saja dan untuk yang kedua kalinya tekan rem belakang CBS dan rem depan secara bersamaan,” instruksi Anggono Iriawan, Manager Safety Riding, PT AHM sebelum tester OTOMOTIFNET.COM memacu skutik berpendingin air ini.
Dan hasilnya meski tuas rem belakang ditekan keras-keras, roda belakang tidak langsung mengunci. Jeda yang membuat skutik makin melambat terasa lebih kuat sampai akhirnya bunyi “ciiieeeet”, roda belakang mengunci. “Sebisa mungkin roda belakang jangan mengunci karena akan memperpanjang jarak pengereman. Diurut saja remnya,” lanjut Anggono.
Secara spesifikasi rangka Vario CBS Techno tidak jauh berbeda dengan Vario terdahulu. Sumbu roda, tinggi stang dan lain sebagainya sama saja. Tapi saat duduk rasanya lebih nyaman dari Vario generasi sebelumnya. Dengan tinggi badan penulis yang hanya 165cm, duduk di Vario CBS Techno kaki bisa menapak sempurna.
(Sumber: Otomotifnet.com)
Spesifikasi Honda Vario Techno (CBS, Model Body Baru)
| |
TIPE MESIN
|
4 langkah, SOHC pendinginan dengan cairan
|
DIAMETER X LANGKAH
|
50 x 55 mm
|
VOLUME LANGKAH
|
108 cc
|
PERBANDINGAN KOMPRESI
|
10,7 : 1
|
DAYA MAKSIMUM
|
8,99 PS / 8000 rpm
|
TORSI MAKSIMUM
|
0,86 kgf.m / 6500 rpm
|
KOPLING
|
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
|
STARTER
|
Pedal dan elektrik
|
BUSI
|
ND U22FER9, NGK CR7EH-9
|
KAPASITAS TANGKI
|
3,6 liter bahan bakar
|
KAPASITAS MINYAK PELUMAS
|
0,7 liter pada penggantian periodik
|
TRANSMISI
|
Otomatis, V-Matic
|
KELISTRIKAN
|
12 V – 3 Ah (tipe MF)
|
SISTEM PENGAPIAN
|
DC – CDI, Baterai
|
PANJANG X LEBAR X TINGGI
|
1,904 x 680 x 1,090 mm
|
JARAK SUMBU RODA
|
1,273 mm
|
JARAK TERENDAH KE TANAH
|
133 mm
|
BERAT KOSONG
|
101 kg
|
TIPE RANGKA
|
Tulang Punggung
|
TIPE SUSPENSI DEPAN
|
Teleskopik
|
TIPE SUSPENSI BELAKANG
|
Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
|
UKURAN BAN DEPAN
|
80/90 – 14 M/C 40P
|
UKURAN BAN BELAKANG
|
90/90 – 14 M/C 46P
|
REM DEPAN
|
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
|
REM BELAKANG
|
Tromol
|
Spesifikasi Honda Vario MMC (Vario Model Body Lama dengan Stripping & Warna Baru)
| |
Spesifikasi sama dengan Honda Vario Techno, kecuali
| |
PANJANG X LEBAR X TINGGI
|
1,897 x 680 x 1,083 mm
|
JARAK SUMBU RODA
|
1,273 mm
|
JARAK TERENDAH KE TANAH
|
132,5 mm
|
BERAT KOSONG
|
99,3 kg
|
Spesifikasi Honda Beat
| |
TIPE MESIN
|
4 langkah, OHC
|
SISTEM PENDINGINAN
|
Pendinginan udara dengan kipas
|
DIAMETER X LANGKAH
|
50 x 55 mm
|
VOLUME LANGKAH
|
108 cc
|
PERBANDINGAN KOMPRESI
|
9,2 : 1
|
DAYA MAKSIMUM
|
8.22 PS / 8,000rpm
|
TORSI MAKSIMUM
|
0.85 kgf.m / 5,500 rpm
|
KOPLING
|
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
|
STARTER
|
Pedal dan elektrik
|
BUSI
|
ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
|
KAPASITAS TANGKI
|
3,5 liter bahan bakar
|
KAPASITAS MINYAK PELUMAS
|
0,7 liter pada penggantian periodik
|
TRANSMISI
|
Otomatis, V-Matic
|
AKI/BATERAI
|
12V – 3 Ah (tipe MF)
|
SISTEM PENGAPIAN
|
DC – CDI, Baterai
|
KARBURATOR
|
VK22 x 1
|
LAMPU DEPAN
|
12V 32W x 1
|
PANJANG X LEBAR X TINGGI
|
1,859 x 676 x 1,053 mm
|
JARAK SUMBU RODA
|
1,240 mm
|
JARAK TERENDAH KE TANAH
|
156 mm
|
BERAT KOSONG
|
89,3 kg
|
TIPE RANGKA
|
Tulang Punggung
|
TIPE SUSPENSI DEPAN
|
Teleskopik
|
TIPE SUSPENSI BELAKANG
|
Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
|
UKURAN BAN DEPAN
|
80/90 – 14 M/C 40P
|
UKURAN BAN BELAKANG
|
90/90 – 14 M/C 46P
|
REM DEPAN
|
Cakram hidrolik dengan piston tunggal
|
REM BELAKANG
|
Tromol
|
0 Response to "SPESIFIKASI HONDA VARIO TECNO CBS"