Label


Perbedaan Engine Dua Varian K56, Honda Sonic 150 ( K56A ) dengan Bebek Super 150 ( K56F )


Honda Sonic 125 RS
Honda Sonic 125 RS

Setelah kabar dipecahnya varian Honda K56 menjadi dua varian dalam bahasan sebelumnya, Honda K56 Dipecah Menjadi Dua Varian, Ayago dan Bebek Super, tentu ada perbedaan lain selain desain pastinya sob. Lha yang satu ayago dan satunya lagi bebek super.

Kalau dilihat dari desainnya sob, ada bocoran halus yang menjadikan alasan kenapa ada isu dipecahnya Honda K56 ini. Yakni desain garpu.

Varian Ayago menggunakan front fork model full seperti sport bike. Sedangkan varian Bebek Super menggunakan model seperti moped tipe dengan braket di bawah.

Itu dari sisi desain sob. Kalau engine gimana?

Tentu ada bedanya sob, wong secara image Ayago memiliki “kasta” yang lebih tinggi daripada Bebek Super. Tetapi dari informasi kang iwanbanaran, perbedaan dari sisi engine ini tidaklah signifikan. Karena keduanya dibekali engine yang sama.

AHM mentah-mentah mencangkokkan engine DOHC 150cc bertransmisi 6 speed pada K56A serta K56F.

Lah? Kok sama saja engine-nya? Nggak beda.

Tunggu dulu sob, secara kasar memang sama. Keduanya, Honda K56A dan K56F, memang dibekali engine DOHC 150 cc tetapi ada perbedaan tipis dalam proses peracikan komponen Honda K56F. Untuk transmisi 3, 5, dan 6 Honda K56F peracikannya melalui press rolling bukan shaving.

Dari perbedaan tipis ini pula dapat ditekan biaya produksi Honda K56F yang akan melawan bebek super dari Yamaha, Jupiter MX-King 150. Otomatis, bandrol bebek super 150 cc dari Honda ini akan lebih rendah dari Ayago 150 cc.

Lantas bedanya yang melalui proses press rolling dengan proses shaving apa?

Secara kekuatan material memang sama, tetapi feelsaat perpindahan gigi dimana komponen yang melalui proses shaving ini lebih halus dibandingkan dengan komponen yang melalui proses press rolling. Selain itu, suara engine yang melalui proses shaving lebih halus pada saat putaran tinggi.

Beda tipis lah sob, tapi ya tetap kerasa lah. Yang jelas, kompetitor harus siap-siap digempur duo DOHC 150 cc 6-speed ini.

0 Response to "Perbedaan Engine Dua Varian K56, Honda Sonic 150 ( K56A ) dengan Bebek Super 150 ( K56F )"